Tips Menata Dagangan di Lapak

oleh pada Rabu, 13 Juli 2011
Tips Menata Dagangan di Lapak Bandung — Setiap musim ramadhan tiba dan musim tahun baru saya biasa berbisnis kembang api di pinggir jalan.Rutinitas ini sudah saya lakukan sejak tahun 2005 dan berlangsung sampai sekarang.Ada banyak pengalaman yang akhirnya dapat saya pelajari dari berbagai kasus.Dalam posting kali ini saya akan mengungkapkan tips menata dagangan di lapak.


Sepertinya tidak begitu penting,namun saya sudah membuktikan penataan barang dagangan yang baik akan mengundang banyak calon pembeli ke lapak kita.Intinya cuma SEMARAK dan TEPAT PADA TEMPATNYA.Oke langsung saja saya mulai sobat wirausahawan.

Setiap produsen berlomba mendesain tampilan produknya sedemikian rupa agar produknya menarik di mata para pembeli.Begitu juga halnya dengan kembang api.Corak gambar pada bungkusan sering menipu calon pembeli.Misal saja kembang api jumbo yang hampir sama dengan kembang api amplop panjang.Karena tampilannya berupa bungkus dengan gambar kartun yang di sukai anak-anak maka produk ini laku keras di pasaran.Coba pikir apa hubungannya Power Ranger dengan kembang api?atau Spongebob dengan kembang api?Sama sekali tidak ada kaitannya bukan?Bungkus ini sebenarnya hanya perangsang agar anak-anak mau membeli.Kasarnya anak-anak sebenarnya membeli gambar bukan produk aslinya.hehehe....

Nah dari sini pun berimbas pada penataan produk di lapak saya.Saya sering bereksperimen mengenai penataan ini dan saya dapati ternyata menata barang dagangan terkesan SEMARAK lebih mendatangkan calon pembeli daripada menata dagangan terkesan monoton.Bagaimana caranya?Dengan menampilkan warna kontras atau saling menabrak.Biasanya di kembang api cenderung warnanya adalah merah.So saya memilih menempatkan berjauhan produk yang coraknya berwarna sama dengan menyelipkan produk lainnya yang berwarna beda.

Kedua adalah TEPAT PADA TEMPATNYA.Karena sebagian besar target pasar produk kembang api adalah anak-anak,so saya tempatkan produk yang mereka minati di bagian bawah,agar mereka dapat menjangkau?Untuk produk yang diminati orang dewasa saya tempatkan di bagian paling atas.

Semoga tips singkat mengenai cara menata dagangan di lapak bermanfaat.

Salam Wirausaha

Terkait