Jika Keluarga tidak Mendukung Langkah Wirausaha Anda

oleh pada Sabtu, 16 Juli 2011
Jika Keluarga tidak Mendukung Langkah Wirausaha Anda Bandung — Ada seorang kawan yang bertanya bagaimana mencari pola untuk memulai usaha yang tepat,sementara keluarga tidak mendukung langkahnya untuk berwirausaha.

Jika Keluarga tidak Mendukung Langkah Wirausaha Anda
gambar by http://tireguard.wordpress.com

Dan ini jawaban saya kepada dia.

Berdasarkan pengalaman hidup saya belum pernah mendapat pro kontra dari orang tua atas keputusan yang saya ambil karena mereka berdua meninggal saat usia saya masih kecil.So tidak banyak yang saya tahu masalah beginian.Namun saya punya seorang kenalan yang sukses membangun bisnis meski sebelumnya mendapat kontra keras dari orang tuanya.Ini ceritanya...

Setelah lulus SMA dia bekerja ke surabaya tepatnya di macdonal bagian produksi.Karena bekerja di bagian ini lama kelamaan dia jadi tahu resep,aneka jenis roti,dimana tempat ambil roti dan sebagainya.Bulan demi bulan bekerja di sana,akhirnya teman saya tersebut memberanikan diri keluar dan merencanakan membuka usaha sejenis karena dirasa dia sudah hapal banget pembuatan burger.

Sebelum berangkat menjadi wirausaha,dia minta izin ke orang tuanya….namun orang tuanya sama sekali tidak mengijinkan karena berbagai alasan:
1.Tidak punya uang untuk memberi modal kepada anaknya
2.Terlalu khawatir bisnis anaknya laku atau tidak
3.dan lupa apa alasan lainnya (cerita teman kenalanku)

Namun sang anak bersikeras untuk meneguhkan keinginannya,dia bilang,”lha saya belum menikah lho bu,apa salahnya mencoba….kalaupun misalnya gagal kan bisa buat pengalaman berharga.
Untuk mengoptimalkan apa yang di rencanakan dia,dia(temanku) bergerak ke luar kota….katanya agar lebih fokus.

Akhirnya dia berhasil dengan banyak cerita suka duka selama membangun bisnis burger dengan brandnya sendiri(masih skala kecil).

Nah,…berdasar cerita teman saya,…yang harus Anda lakukan adalah memperbesar kemantaban hati Anda untuk memulai berwirausaha…..semakin banyak penghalang,kemantaban hati kita harus semakin jauh lebih besar….Mulai saja,buang keraguan dan takut gagal jauh jauh.Anda dan saya adalah laki-laki yang tentunya jauh lebih besar tanggung jawab yang dibebankan ke kita.Itulah kodrat yang harus kita emban dan alasan kenapa Anda dan saya ditakdirkan sebagai Laki-laki……mari berwirausaha sob….sekarang bukan nanti

Barangkali pembaca ada solusi yang lebih baik?silahkan di share dengan komentar di bawah ini.

Terkait